20 Maret, 2012

isyu etika dan profesionalisme

Etika dan Profesionalisme

saya ingin membahas soal profesi dan etika pada salah satu talkshow diacara TVone Indonesia lawyer club yaitu mengenai kasus-kasus korupsi yang ada di Indonesia Cerita itu tidak membahas panjang lebar mengenai standar profesionalisme suatu profesi. Yang ingin saya sampaikan adalah etika yang menyertai suatu profesi.
Hukum yang belum dewasa jelas tercermin dari praktisi-praktisinya yang belum dewasa pula tercemin dalam perdebatan forum minggu ini antara anggota DPR dan pengacara kondang yang saling serang dan mengejek bahkan soal kehidupan pribadinya di umbar dimedia massa tanpa mempunyai rasa malu padahal forum tersebut lagi membahas soal korupsi,itu menurut saya tidak professional dan tidak punya etika
Kembali lagi ke kasus korupsi yang bertahun-tahun menjadi pusat perhatian kita,merupakan satu bukti bahwa betapa etika sering dilanggar hanya untuk memenuhi hasrat pribadi seseorang atau sekelompok orang. Mereka yang sudah kaya dari pendapatan profesinya, merasa tidak puas. Lalu saat peluang korupsi lewat dihadapannya, ia tergoda dan terjadilah korupsi itu.
Kita juga sering menemukan kasus di mana anggota suatu forum musyawarah yang telah membahas masalah tiba-tiba mengemukakan pendapat pribadinya yang tidak sesuai dengan
keputusan forum itu pada media massa. Ia ingin menunjukkan pada kelompok atau konstituennya bahwa ia tetap teguh pada pendapat konsitituennya yang diwakilinya meskipun bertentangan dengan suara terbanyak pada forum itu.Padahal sudah menjadi pengetahuan umum kalau keputusan suatu musyawarah diambil secara mufakat.demikian pendapat saya mengenai etika dan profesionalisme yang saya ketahui baik dimedia cetak maupun televise.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar