31 Mei, 2011

Kemajuan teknologi: efisiensi atau risiko perbankan

Di satu sisi kemajuan teknologi dapat menurunkan biaya bagi perbankan, namun disisi lain kemajuan teknologi dapat menjadi ancaman. Sebagai contoh, dengan adanya kemajuan teknologi maka analisis kelayakan dan transaksi “moneydealing” hanya akan dilakukan sebatas tangan “arms-length” dengan penggunaan IT (information technology). Sehingga pada akhirnya akan berimplikasi pada keputusan bisnis manajer bank.
Demikian pula, kemajuan teknologi menyebabkan biaya transaksi dan monitoring yang lebih murah. Hal ini selanjutnya menyebabkan bank lebih berani untuk memberikan kredit, terutama kredit konsumsi kepemilikan rumah (KPR) maupun kartu kredit. Dengan kemajuan teknologi informasi yang canggih memungkinkan manajemen bank melakukan monitoring dalam jumlah yang sangat besar, dengan biaya (cost) yang murah.
Selain itu, kemajuan teknologi IT akan membuat transaksi-transaksi di pasar keuangan akan semakin mudah untuk dilakukan dan dianalisis dengan lebih baik. Oleh karena itu, peluang untuk meningkatkan return dari transaksi off balance sheet akan semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar